Search

Manfaatkan Lahan Kosong, Kelurahan Margajaya Budidayakan Ikan Hias - Cendana News

BEKASI – Kantor Kelurahan Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat, membudidayakan ikan koi di kolam warga yang berada di sekitar halaman kantor kelurahan setempat.

“Lokasi kolam itu memanfaatkan lahan kosong yang sebelumnya ada tanaman warga. Tapi tanamannya sudah pada mati dan layu, maka diganti dengan kolam yang diisi ikan koi,” ujar Lurah Margajaya, Ahmad Yudistira, kepada Cendana News, Senin (3/2/2020).

Lurah Margajaya, Ahmad Yudistira (baju merah), memberi makan ikan hias, ditemui Cendana News, Senin (3/2/2020) – Foto: Muhammad Amin

Inisiatif mengubah lokasi menjadi kolam adalah salah satu bentuk menjaga lingkungan. Sehingga warga tidak lagi membuang sampah di lokasi itu dan harapannya ikut serta dalam menjaga melestarikan lingkungan.

Dikatakan, semua ikan yang ada seperti ikan koi, ikan mas adalah dari warga setempat yang secara sukarela melepas di kolam yang disediakan. Namun demikian Yudis menegaskan perawatan seperti pakan dari kelurahan.

“Saya menjabat lurah di sini tentu sementara. Tapi kalau warga selama tinggal di Margajaya, dan mereka akan terus berurusan dengan kelurahan. Ke depan jika mereka mengurus sesuatu di kelurahan bisa sambil melihat koleksi ikan sehingga suasana makin sejuk,” tukasnya.

Menurutnya ikan dari masyarakat untuk masyarakat. Kolam ikan itu milik warga dan ikan juga milik mereka sewaktu-waktu warga bisa memanen dengan sistem bagi. Asalkan mereka ikut merawat.

Sementara, Sekretaris Lurah Marga Mulya, Rizky Nuryanto, mengatakan, awal mula pembuatan kolam ikan tersebut, dimulai pada 29 Januari 2020.

Diakuinya, lokasi kolam tersebut sebelumnya terdapat tanaman yang sudah layu dan terlihat kotor. Dibuatnya kolam ikan itu sendiri merupakan inisiatif dari lurah Margamulya.

“Kolam ikan dibuat secara swadaya dengan warga setempat melibatkan Bhabinkamtibmas bersama Babinsa,” tukasnya.

Terlihat kolam ikan berderet di sekitar halaman kantor Kelurahan Margamulya yang dilengkapi dengan air mancur.

Saat ini diketahui ada sekira 50 ekor ikan KOI dengan ukuran sedang beserta ikan mas di kolam berbeda. Hingga menjadikan suasana kelurahan sejuk dan betah dengan gemiricik air.

Rizky mengakui kolam ikan yang dibuat tersebut hanya menggunakan peralatan sederhana yang dibeli secara swadaya bersama warga dan pihak kelurahan. Saat ini banyak warga yang saat mengurus administrasi di kelurahan merasakan suasana berbeda.

“Kelurahan hanya menyiapkan wadah, yang mengisi kolam seperti ikan koi atau ikan mas ya dari warga. Tapi saat ini masih dibatasi karena melihat daya tampung kolam,” tandasnya.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
February 03, 2020 at 03:11PM
https://ift.tt/2OoDQYp

Manfaatkan Lahan Kosong, Kelurahan Margajaya Budidayakan Ikan Hias - Cendana News
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaatkan Lahan Kosong, Kelurahan Margajaya Budidayakan Ikan Hias - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.