Search

Resep Olahan Ikan Cakalang Kekinian ala Chef Igo - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Ikan merupakan sumber pangan yang kaya akan gizi memiliki elemen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) hingga masa tua.

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, kandungan gizi ikan secara umum di antaranya Omega 3, docosahexanoic acid (DHA), dan eicosapentaenoic acid (EPA). Kandungan ini sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak yang berguna bagi kecerdasan dan mata untuk mempertajam penglihatan. 

Protein zat pembangun, setara dengan daging, lebih mudah dicerna, mendekati asam amino dalam tubuh manusia serta mengandung asam amino paling lengkap terutama lysine dan threonine. 

Kandungan vitaminnya juga lengkap, mulai dari vitamin A yang sebagai sumber antioksidan dan nutrisi untuk kesehatan mata, vitamin B untuk metabolisme kalsium dan pertumbuhan tulang, vitamin B6 sebagai metabolisme asam amino dan lemak, mencegah anemia & kerusakan syaraf, vitamin B12 Sebagai pembentukan sel darah merah, metabolisme lemak, dan melindungi jantung. 

Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak tak Jenuh Mengandung High Density Lipoprotein (HDL)/kolesterol yang baik yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Selain bergizi tinggi, mengolah ikan juga tidak sulit. Sayangnya banyak juga yang kurang menyukai ikan lantaran masih terdapat aroma amis.

Chef Igo memiliki trik untuk mengurangi aroma khas ikan, salah satunya menambahkan buah nanas.

"Saat ini makin banyak masakan dari bahan ikan yang tidak hanya digoreng, tapi bisa dikreasikan menjadi bahan makanan yang sedang kekinian," ucap Chef Igo di acara konferensi pers dan demo masak bertajuk "Penggunaan Bumbu Penyedap Rasa Tidak Membahayakan Kesehatan Jika Digunakan dengan Bijak" di Jakarta, Rabu 5 Februari 2020.

Di acara tersebut, Chef Igo memeragakan dua resep ikan kekinian yang bersumber dari ikan laut, salah satunya cakalang asap with coconut gravy. Mau coba? Berikut resepnya 

Bahan

Ikan cakalang asap 200 gram
Petai 4 pcs
Tempe 100 gram
Daun pepaya 50 gram
Cabai rawit merah 7 pcs
Daun salam, serai, daun jeruk
Santan dari buah kelapa

Bumbu halus

Bawang merah 100 gram
Bawang putih 70 gram
Kunyit 25 gram
Cabai merah besar 50 gram
Lengkuas 40 gram
Jahe 30 gram
Ebi 100 gram

Cara membuat

- Tumis bumbu halus hingga matang
- Lalu masukkan ikan asap serta air, masak hingga mendidih
- Masukkan daun salam, sereh dan daun jeruk
- Masukkan tempe, petai dan daun pepaya
- Masukkan santan
- Beri tambahan bumbu sesuai selera dengan garam, penyedap rasa, dan gula

Sajikan selagi hangat

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
February 08, 2020 at 04:00PM
https://ift.tt/38lW2tm

Resep Olahan Ikan Cakalang Kekinian ala Chef Igo - Tempo
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Resep Olahan Ikan Cakalang Kekinian ala Chef Igo - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.