Search

Budidaya Ikan Wader, Mudah dan Menjanjikan - Cendana News

YOGYAKARTA — Dibandingkan ikan konsumsi pada umumnya, ikan wader selama ini mungkin kerap dipandang sebelah mata. Selain berukuran kecil dan memiliki daging yang sedikit, ikan wader juga punya banyak duri sehingga kurang diminati. 

Namun siapa sangka, seiring berjalannya waktu, ikan wader yang merupakan ikan lokal asli Indonesia ini kini semakin banyak diburu. Tumbuhnya warung-warung makan yang mengusung konsep tradisional dan pedesaan membuat ikan wader seolah menjadi menu wajib yang harus tersedia.

Meningkatnya konsumsi ikan wader tangkapan alam itu ternyata mendorong upaya budidaya ikan berbentuk kecil memanjang dengan sisik mengkilat itu. Di DIY, budidaya ikan wader sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir. UGM sebagai penginisiasi, menggandeng sejumlah peternak ikan untuk membudidayakan dalam skala besar.

Salah seorang peternak binaan UGM, Sukidi, warga, Santan, Maguwoharjo, Depok, Sleman mengaku sudah mulai membudidayakan ikan wader sejak 3 tahun terakhir. Ia mengaku membudidayakan ikan wader dengan cara memijahkan anakan sendiri dari indukan yang disuplai pihak UGM.

“Dibandingkan ikan lainnya, budidaya ikan wader ini tergolong cukup mudah. Hampir tidak ada kendala penyakit sama sekali. Yang terpenting air harus mengalir dan suhunya tidak boleh terlalu dingin,” katanya Selasa (4/2/2020).

Untuk proses pemijahan sendiri, Sukidi mengaku hanya memanfaatkan kolam kecil berukuran sekitar 2,5 x 1 meter. Sebanhak 150 indukan dengan perbandingan 1 betina dan 3 jantan ditebar. Media pemijahan dilakukan dengan memanfaatkan sarang berupa ijuk. Biasanya indukan yang telah siap, akan langsung memijah. Dalam satu hari, anakan ikan akan muncul.

“Setelah anakan muncul, harus kita pindah ke kolam yang arusnya lebih tenang dan aman dari predator. Anakan ini kita beri pakan berupa kuning telur, sampai usia 1 minggu. Setelah itu baru kita kasih pelet yang ukuran kecil. Dalam waktu satu bulan anakan kita pindah lagi ke kolam pembesaran. Di usia 4-6 bukan ikan pun sudah siap panen,” ungkapnya.

Dengan harga jual di pasaran yang mencapai Rp30-40ribu per kilo, Sukidi pun menyebut potensi keuntungan budidaya ikan wader cukup besar. Mengingat harga jual ikan wader lebih tinggi dibandingkan ikan jenis lain seperti nila atau lele. Ia pun berharap agar pihak terkait dapat terus mendampingi peternak seperti dirinya sehingga mampu mengembangkan usaha budidaya ikan wader di Yogyakarta.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
February 04, 2020 at 09:51PM
https://ift.tt/2uk2D8X

Budidaya Ikan Wader, Mudah dan Menjanjikan - Cendana News
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Budidaya Ikan Wader, Mudah dan Menjanjikan - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.