Search

Ikan Misterius Berukuran Besar di Ciamis Viral di Media Sosial, Warga Beri Kesaksian - Pikiran Rakyat

CIAMIS, (PR).- Kemunculan ikan berukuran besar menghebohkan warga Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Ciamis. Keberadaan ikan berukuran jumbo di aliran Sungai Cisadap itu menjadi tontonan warga.

Tidak hanya penduduk sekitar, sejumlah warga dari daerah lain seperti Kecamatan Rancah dan Kawali datang ke lokasi karena penasaran ingin melihat ikan berukuran besar. Mereka mendapat informasi keberadaan tujuh ikan misterius tersebut dari media sosial.

Tidak hanya orang tua, anak muda, bahkan anak-anak antusias ingin melihat ikan tersebut. Terlebih, pada sore hari, lebih banyak warga yang melihat ikan tersebut seperti terjadi pada Selasa 5 November 2019. 

Untuk mencapai lokasi aliran Sungai Cisadap tidak sulit, jaraknya hanya sekira 70 meter dari pinggir Jalan Cisena, Kecamatan Sukadana. Sebelum mencapai sungai, warga harus meniti jembatan bambu.

Sebelum mencapai lokasi, terdapat papan peringatan larangan menangkap ikan di aliran sungai di sekitar lokasi berkumpulnya ikan misterius itu, serta dilarang merusak habitat ikan.

WARGA menyaksikan ikan berukuran besar di aliran Sungai Cisadap, Dusun Kedungwatu, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Ciamis, Selasa 5 November 2019. Setidaknya, ada tujuh ikan berukuran panjang sekira 50-80 sentimeter yang sering terlihat di sungai itu.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

Apabila beruntung, warga bisa melihat ikan berukuran besar dengan panjang sekira 50-80 sentimeter tersebut bergerombol. Namun terkadang hanya terlihat satu atau dua ekor. Dari tujuh ikan itu, salah satunya berwarna hijau.

Selain harus menunggu dengan sabar, warga terkadang berpindah dari satu titik ke titik lain. Ketika ada yang melihat ikan berenang ke permukaan, banyak warga memotret ikan tersebut. Bahkan beberapa warga juga sengaja membawa nasi putih untuk umpan ikan agar muncul.

Beberapa warga mengungkapkan, ikan tersebut berjenis ikan mas. Namun, ada juga yang mengatakan ikan misterius karena tidak pernah meninggalkan lokasi. Keberadaannya di aliran sungai itu sudah lama.

WARGA menyaksikan ikan berukuran besar di aliran Sungai Cisadap, Dusun Kedungwatu, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Ciamis, Selasa 5 November 2019. Setidaknya, ada tujuh ikan berukuran panjang sekira 50-80 sentimeter yang sering terlihat di sungai itu.*/NURHANDOKO WIYOSO/PR

Hanya, belakangan ini kabar kemunculan ikan tersebut lebih meluas. Ikan tersebut terlihat saat musim kemarau karena debit air mengecil serta warna air jernih.

“Sebenarnya, ikan mas ini sudah sangat lama (ada di aliran Sungai Cisadap). Hanya, sekarang ini yang datang ingin melihat jumlahnya lebih banyak. Beberapa di antaranya juga dari luar kecamatan. Kabarnya menyebar di media sosial, jadi banyak yang penasaran ingin melihat,” ujar Monet (39), warga Desa Sukadana.

Sudah 20 tahun lebih

Didampingi Eman (60), warga lainnya, dia mengaku melihat ikan tersebut saat masih duduk di bangku SMP. Saat itu, ukuran ikan juga sudah besar. Sekarang, ukurannya masih tetap sama. Jumlahnya juga tujuh, satu di antaranya berwarna biru.

“Waktu itu saya ke sekolah berjalan kaki, melewati pinggir sungai. Saat itu, hanya dengar cerita ada ikan besar, tetapi tidak begitu tertarik karena hampir setiap hari juga bermain di sungai. Sekarang justru penasaran karena banyak orang dari luar yang melihat,” tutur Monet.

Dia mengatakan, tahun 2017, aliran Sungai Cisadap meluap se hingga areal persawahan di sekitarnya terendam banjir. Begitu datang musim kemarau, ternyata ikan di Sungai itu masih tetap berada di tempat.

“Saya juga heran, biasanya saat banjir ikan kabur, tetapi yang ini tidak hilang. Misterius sekali, mungkin habitatnya sudah cocok sehingga tidak kabur. Di tempat lain juga ada ikan besarnya, tetapi tidak seheboh yang di sini,” ujarnya.

Dian, Pegawai Puskesmas Sukadana, sengaja datang ke lokasi tersebut kerena penasaran melihat ikan berukuran besar itu. Dia yang belum lama bertugas di wilayah Sukadana mendapatkan informasi itu dari media sosial.

“Penasaran saja seperti apa ikannya. Memang ukurannya besar.  Saya juga kagum karena masyarakatnya juga ikut menjaga agar ikan tidak diusik,” katanya.***

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
November 06, 2019 at 08:51AM
https://ift.tt/36EoqH1

Ikan Misterius Berukuran Besar di Ciamis Viral di Media Sosial, Warga Beri Kesaksian - Pikiran Rakyat
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ikan Misterius Berukuran Besar di Ciamis Viral di Media Sosial, Warga Beri Kesaksian - Pikiran Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.