Search

Apa Saja Jenis Ikan Toli (Sako) - Dari Laut

TERDAPAT berbagai jenis ikan dengan nama lokal toli di perairan Gorontalo dan sako di Sulawesi Utara. Ikan ini biasanya ditangkap tanpa menggunakan mata kail.

Toli, sako atau yang umum di Indonesia disebut cendro, termasuk ikan ekonomis penting.

Uniknya, cukup dengan kumpulan benang dalam satu ikatan, ditambah sedikit bahan mengkilat, ikan toli dapat ditangkap di perairan Gorontalo, Teluk Tomini. Di perairan Bunaken dan Sangihe di Sulawesi Utara, ikan sako ditangkap dengan menggunakan umpan sarang laba-laba dan layang-layang.

Jenis ikan permukaan ini dengan nama ilmiah, Strongylura incisa (Needlefish), Strongylura strongylura (Spottail Needlefish), Tylosurus crocodilus (Hound Needlefish) dan Tylosurus acus melanotus (Takapaha dkk, 2010, Jurnal Perikanan dan Kelautan, Volume VI Nomor 1, April dan Peristiwadi, 2006, “Ikan-ikan Laut Ekonomis Penting di Indonesia; Petunjuk Identifikasi).

Menurut Peristiwadi (2006), jenis Strongylura incisa, memiliki bentuk badan agak pipih. Batang ekor gepeng tanpa lempengan tulang memanjang. Tulang penutup insang bersisik.

Ikan ini dengan permulaan dasar sirip punggung di atas jari-jari sirip dubur yang ke-2 sampai ke-6. Pada saat ikan muda, sirip ekor agak tegak. Saat ikan dewasa, berubah menjadi agak bundar.

Ikan toli. FOTO: DARILAUT.ID

Badan bagian atas abu-abu kebiruan, bagian bawah keperakan. Sementara ujung sirip kehitaman. Ikan ini dapat mencapai ukuran 100 cm.

Menurut Peristiwadi, jenis Strongylura strongylura, memiliki badan dengan potongan melintang bundar. Lengkung badan bagian atas dari paruh agak cembung atau hampir lurus. Ikan ini tidak mempunyai tulang saring insang.

Batang ekor jenis ikan ini tidak mempunyai plat tulang. Sirip ekor bundar atau tegak. Badan bagian atas kehijauan, sisi badan perak dan bagian bawah perut putih.

Ikan ini memiliki kepala bagian belakang keperakan. Sirip-sirip sedikit putih. Dekat dasar sirip ekor dengan bercak hitam bundar. Ukuran panjang Strongylura strongylura mencapai 40 cm.

Jenis Tylosurus crocodilus secara fisik memiliki bentuk badan agak pipih. Tulang penutup insang tidak bersisik. Sirip perut terletak di pertengahan antara bagian belakang mata dan sasar sirip ekor.

Sirip ekor cagak dengan ujung bagian bawah lebih panjang daripada bagian atas. Kepala dan badan bagian atas hijau kebiruan, bagian bawah keperakan.

Sirip badan dengan strip keperakan datar memanjang ke belakang. Sirip-sirip keputihan. Ujung sirip-sirip punggung, sirip dada dan sirip ekor kehitaman.Ukuran ikan ini dapat mencapai 124 cm.*

Berlangganan untuk menerima notifikasi berita terbaru Dari Laut Indonesia

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
November 28, 2019 at 09:52PM
https://ift.tt/35C4QcW

Apa Saja Jenis Ikan Toli (Sako) - Dari Laut
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Saja Jenis Ikan Toli (Sako) - Dari Laut"

Post a Comment

Powered by Blogger.