Search

Edy Rahmayadi Imbau Warga Tak Berhenti Makan Ikan Walau Ada Kasus Bangkai Babi - Kompas.com - KOMPAS.com

MEDAN, KOMPAS.com - Sejak banyaknya bangkai babi yang muncul di beberapa tempat seperti di Sungai Bedera, Danau Siombak, Sungai Bedagai dan lainnya, banyak masyarakat yang enggan mengkonsumsi ikan karena khawatir akan berdampak kepada dirinya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengimbau agar masyarakat tidak berhenti memakan ikan. 

Edy mengatakan, masyarakat silakan beraktifitas seperti biasa. Pihaknya melakukan sebaik mungkin. Sehingga, masyarakat jangan khawatir.

"Kami akan mencegah pencemaran tidak meluas tapi yakinlah hog cholera tidak menular ke mana-mana selain kepada babi," katanya kepada wartawan saat di Taman Makam Pahlawan, Senin (25/11/2019).

Baca juga: Ada Bangkai Babi di Sungai, Warga Aceh Singkil Enggan Konsumsi Ikan

Menurutnya, walaupun bangkai babi dibuang ke sungai, tidak ada masalah pada ikannya. Begitu juga ketika dibuang ke laut. ikan juga tidak bermasalah.

"Kami imbau masyarakat jangan berhenti makan ikan. ikannya terlalu banyak sehingga sayang (kalau tidak dimakan)," katanya.

Di Pasar UK, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, penjualan ikan air tawar maupu ikan laut mengalami penurunan setelah banyaknya ditemukan bangkai babi di Sungai Bedera maupun Danau Siombak.

Seorang warga Pasar 4 Barat, Marelan, Lina mengaku masih enggan memakan ikan karena khawatir banyaknya bangkai berdampak pada ikan yang dimakan. 

Baca juga: Diupah Rp 500.000 untuk Buang Bangkai Babi, Sinar Hari Ditangkap Polisi

"Kan bisa saja dia makan bangkai babi itu, lalu kita makan ikannya, nanti saja lah. Belum bisa sekarang," katanya.

Seorang penjual ikan, di pasar tersebut, Yani mengatakan, sudah sejak Oktober penjualan ikannya menurun. Padahal, ikan yang dijualnya tidak berasal dari Belawan, melainkan dari Aceh.

Namun demikian, secara perlahan, sejak seminggu terakhir sudah mulai menunjukkan hal positif. "Sudah ada ada peningkatan lah yang beli ikan. Walaupun belum seperti yang sebelumnya," katanya. 

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
November 25, 2019 at 02:15PM
https://ift.tt/34jFgsS

Edy Rahmayadi Imbau Warga Tak Berhenti Makan Ikan Walau Ada Kasus Bangkai Babi - Kompas.com - KOMPAS.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Edy Rahmayadi Imbau Warga Tak Berhenti Makan Ikan Walau Ada Kasus Bangkai Babi - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.