Search

Sulap Limbah Ikan Jadi Pakan Ikan - Radar Cirebon

CIREBON – Inovasi dan kreasi yang dilakukan Desa Purwawinangun, Kecamatan Suranenggala, tiada henti. Desa Purwawinangun yang dikenal hasil olahan ikannya, mengalami kesulitan membuang limbahnya. Namun, kini limbah hasil olahan ikan itu, sudah bisa disulap menjadi pakan ikan.

Kuwu Desa Purwawinangun, Kecamatan Suranenggala, Drs Tasumi menuturkan, Kecamatan Suranenggala dan Desa Purwawinangun dikenal sebagai hasil tangkap ikan dan budidaya ikan. Warga di dua blok Purwawinangun itu, lebih dari setengahnya memberikan poduk berkualitas dan higienis. Seperti olahan ikan tanpa bahan pengawet. Sebut saja abon ikan, otak-otak, krupuk ikan, baso ikan, rolade ikan, ikan asap, bandeng presto, sosis dan lain-lain.

“Hasil olahan ikan ini dipasarkan di sejumlah Pasar Tradisional di wilayah III Cirebon. Bahkan ada beberapa pelanggan yang memang memasok dan mengambil dari sini. Awalnya limbah sulit diolah. Namun karena kami memiliki ide dan inovasi, limbah ini kami manfaatkan untuk pembuatan pakan ikan,” tutur Tasumi kepada Radar Cirebon, kemarin (27/11).

Adapun proses pembuatan pakan ikan yang dihasilkan dari limbah olahan ikan ialah limbah ikan dicampur dedek, lalu diaduk-aduk atau digiling. “Dengan limbah ikan yang kembali dimanfaatkan dalam pembuatan pakan ikan ini, bisa menghasilkan pakan ikan dengan nutrisi lebih baik dari pakan ikan pabrikan. Sehingga ikan lebih cepat tumbuh. Untuk harga juga murah, separo dari harga pakan pabrikan,” ungkapnya.

Diakuinya, sejak Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dipimpin oleh Susi Pudjiastuti, hasil biodata laut sungguh menggembirakan. “Alhamdulillah hasil tangkap nelayan bagus sekali sejak menterinya bu Susi. Karena hasil tangkapannya bagus. Banyak nelayan yang memasok ikannya ke sini seperti Indramayu dan Brebes,” tuturnya.

Dikarenakan tiap harinya warga Purwawinangun ini mampu menghasilkan makanan olahan ikan sebanyak 80 ton, maka dipastikan perputaran uang yang dihasilkan mencapai ratusan juta. Meski demikian, pihaknya berharap besar ada bantuan dalam pembuatan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).

Sementara itu, Camat Suranenggala, Dra Indra Fitriani MM mengatakan, potensi budidaya perikanan di Desa Purwawinangun luar biasa. Harapan terbesarnya, produksi budidaya tersebut tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan pasar di wilayah III Cirebon, tetapi juga pasar Indonesia, bahkan hingga luar negeri. (via)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
November 28, 2019 at 09:00PM
https://ift.tt/2pY1Atd

Sulap Limbah Ikan Jadi Pakan Ikan - Radar Cirebon
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Sulap Limbah Ikan Jadi Pakan Ikan - Radar Cirebon"

Powered by Blogger.