Search

Mitos Ikan Mas Besar Misterius di Ciamis, Ditangkap Dapat Malapetaka - Detiknews

Ciamis - Kemunculan ikan mas besar misterius di Sungai Cisadap, Dusun Kedung, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Ciamis, hebohkan warga. Seiring dengan penglihatan ikan besar itu, cerita mitos pun tersebar.

Ki Etom Sartam (83), sesepuh di wilayah tersebut menceritakan, dahulu ada sepasang suami istri bernama Nyi Greyot dan Ki Greyot. Kemudian keduanya membangun bendungan di sungai tersebut menggunakan kayu pohon kelapa. Setelah bendungan dibangun, dua ikan mas masukkan ke sungai itu. Bendungan itu dibangun untuk mengairi lahan sawah dan perairan di wilayah tersebut.

"Sejak saya kecil memang ikan ini sudah ada. Saat ikan ini ditanam di sini, keduanya berpesan agar ikan tersebut dibiarkan dan jangan ada yang menangkapnya. Karena bila ditangkap akan terjadi sesuatu kepada orang yang menangkapnya," ujar Ki Etom saat ditemui di lokasi sungai, Senin (4/10/2019).

Ikan tersebut yang awalnya hanya dua ekor, kini bertambah menjadi tujuh ekor dan berukuran besar. Tujuh ekor ikan mas ini terdiri dari 3 warna hijau dan 4 berwarna oranye atau kuning. Ikan yang sering muncul ke permukaan yang berwarna oranye. Sedangkan yang berwarna hijau hanya sesekali dan ukurannya yang paling besar.
Ki Etom bercerita sempat ada beberapa warga yang ingin mencoba menangkap atau menjala ikan tersebut. Namun sebelum ikan itu ditangkap, yang bersangkutan malah mengalami musibah terlebih dulu.

"Belum sempat menangkap saja sudah mendapat musibah, apalagi menangkapnya. Sempat juga ada yang mau meminjam ikan itu untuk diternakkan, tapi malah orang itu sakit dan meninggal. Ikan akhirnya dikembalikan ke sungai," ucap Ki Etom.

Ki Etom mengingatkan kepada warga untuk menjaga ikan tersebut supaya tetap berada di sungai itu. Uniknya, meski arus sungai deras bahkan meluap, ikan itu tetap berada di lokasi semula. Setiap musim kemarau ikan terlihat karena air sungai surut.

"Memang setiap musim kemarau ikan selalu muncul terlihat. Tapi memang warga dari luar baru tahunya sekarang ini. Ya itung-itung rekreasi, tapi saya ingatkan tetap dijaga jangan diambil ikannya," ujarnya.

Ia mengaku bersyukur, kini telah ada peraturan bahwa di lokasi tersebut kini dilindungi untuk kelestarian alam dari Pemerintah. Di lokasi itu sudah ads peringatan dilarang mengambil ikan baik dijala atau dipancing.

"Sekarang sudah ada larangan, peraturannya jelas. Siapa saja yang kedapatan mengambil ikan ditangani oleh pihak berwajib. Memang pesan larangan dari orang tua dulu itu supaya kelestarian alam tetap terjaga," ucapnya.

Sebelumnya, sudah sebulan ini warga Ciamis dihebohkan dengan kemunculan ikan mas besar di Sungai Cisadap, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Ciamis. Warga dari anak-anak, ibu-ibu berasal dari berbagai daerah di Ciamis sengaja datang untuk menyaksikan penampakan ikan tersebut. Lalu memotretnya dan mengunggahnya di media sosial.

(ern/err)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
November 04, 2019 at 01:50PM
https://ift.tt/2PK3OHl

Mitos Ikan Mas Besar Misterius di Ciamis, Ditangkap Dapat Malapetaka - Detiknews
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mitos Ikan Mas Besar Misterius di Ciamis, Ditangkap Dapat Malapetaka - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.