Search

Wisata Murmer, Selokan di Desa Palir Cirebon Disulap Jadi Kolam Ikan - detikNews

Cirebon - Pemerintah Desa Palir, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, menyulap selokan menjadi kolam ikan. Selokan yang dipenuhi ikan itu pun menjadi tempat wisata murah meriah bagi warga sekitar.

Kepala Desa Palir Durakman mengaku ide awal pembangunan selokan menjadi kolam ikan itu muncul atas keprihatinannya terhadap minimnya kesadaran masyarakat menjaga lingkungan. Sebab, dikatakan Durakman, tak sedikit selokan di desa-desa dipenuhi sampah.

"Banyak sampah yang menumpuk di selokan. Padahal air selokan itu dimanfaatkan juga untuk pengairan sawah. Makanya saya benahi, tanam ikan agar warga bisa menjaga lingkungan," kata Durakman saat ditemui di Balai Desa Palir, Rabu (6/11/2019).


Wisata Murmer, Selokan di Desa Palir Disulap Jadi Kolam IkanFoto: Sudirman Wamad/detikcom

Menurut Durakman, anggaran pembangunan selokan menjadi kolam ikan itu bersumber dari Dana Desa (DD) sekitar Rp 77 juta. Selain membenahi selokan, pemdes membangun tempat duduk mirip halte bus, yang bisa difungsikan untuk tempat nongkrong warga yang ingin memberi makan ikan.

"Panjang selokannya sekitar 40 meter. Ujung-ujungnya saya beri saringan atau jaring, agar limbah tidak langsung masuk ke kolam," ucap Durakman.

Lebih lanjut, Durakman mengaku sempat mendapat kritikan dari warganya atas terobosan yang ia lakukan. Warga Desa Palir awalnya meremehkan kolam ikan yang dibangun pemdes karena dianggap membuang-buang anggaran.

"Ya awalnya beberapa masyarakat nyinyirin. Karena pembangunan kan kebanyakan itu pengaspalan jalan dan lainnya. Di sini jalan sudah bagus, sudah ada GOR, jadi saya gulirkan ke lingkungan. Agar masyarakat sadar lingkungan," ucapnya.

Menurut Durakman, kolam ikan buatan pemdes tersebut sudah berjalan sebulan. Ia juga tak menyangka masyarakat antusias bersama-sama menjaga kolam tersebut. Bahkan warga sekitar selokan itu pun meraup untung dengan menjual pakan ikan.

Wisata Murmer, Selokan di Desa Palir Disulap Jadi Kolam IkanFoto: Sudirman Wamad/detikcom

Tak sedikit masyarakat yang nongkrong dan memberikan makan ikan. Setiap sore hari, selokan yang disulap menjadi kolam ikan itu dikerumuni warga sekitar. Salah satunya, Ratna (30), yang membawa kedua anaknya.

"Ya dapat kabar dari tetangga dan di media sosial (medsos) ada selokan yang ada ikannya. Tadi beli pakan ikan, biar anak-anak bisa ikutan memberi makan ikan di sini," ucap Ratna.

Ratna juga mengapresiasi langkah pemdes yang bisa menyulap selokan kotor menjadi cantik. "Ini bisa menjadi wisata warga dan hiburan juga. Bagus," katanya.

Simak juga video "Belajar Membatik Sambil Berwisata di Museum Trupark" :

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
November 06, 2019 at 05:00PM
https://ift.tt/2WSBcNp

Wisata Murmer, Selokan di Desa Palir Cirebon Disulap Jadi Kolam Ikan - detikNews
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Wisata Murmer, Selokan di Desa Palir Cirebon Disulap Jadi Kolam Ikan - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.