Search

Ratusan Warga Keracunan Ikan Tongkol Bakar, Dinkes Jember Waspada Dini KLB - Detiknews

Jember - 119 Warga Jember keracunan massal ikan bakar tongkol pasca pesta tahun baru. Para korban tersebar di 21 kecamatan yang ada di Jember.

Menyikapi keracunan massal itu, Dinkes Jember langsung menetapkan status Sistem Kewaspadaan Dini Kejadian Luar Biasa (SKD KLB) keracunan makanan ikan tongkol.

"Kita masih melakukan penyelidikan epidemiologi untuk mencari dugaan penyebab keracunan," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, Dyah Kusworini saat dikonfirmasi, Kamis (2/1/2020).


Agar terhindar dari keracunan, warga diimbau lebih berhati-hati dalam memilih ikan yang akan dikonsumsi. Ciri-ciri ikan segar dan tidak mengandung pengawet bisa dilihat dari kondisi insang, mata, daging dan sisik serta aroma.

Ikan segar memiliki insang yang berwarna merah segara cenderung merah muda, tidak kusam kecoklatan dan tidak tertutup lendir. "Bagian mata terlihat terang dan jernih. Daging juga berwarna terang, kokoh dan agak kenyal. Jika ditekan, akan kembali ke keadaan semula. Selain itu, sisik berkilau, terang dan bersih serta tidak memudar. Aroma segar seperti air bersih atau air asin," jelasnya. (fat/fat)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
January 02, 2020 at 01:17PM
https://ift.tt/36jZR1w

Ratusan Warga Keracunan Ikan Tongkol Bakar, Dinkes Jember Waspada Dini KLB - Detiknews
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Warga Keracunan Ikan Tongkol Bakar, Dinkes Jember Waspada Dini KLB - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.