Search

Ikan Berwajah Manusia Muncul di Danau China, Fenomena Pareidolia? - detikHealth

Jakarta - Sebuah video menjadi viral di media sosial di mana menunjukkan seekor ikan muncul di permukaan danau di China namun memiliki wajah mirip manusia. Ikan itu benar-benar mengejutkan warga setempat.

Dikutip dari Mirror, ikan berwajah manusia direkam oleh seorang pengunjung dan terlihat berenang ke tepi danau dan menjulurkan kepalanya ke atas permukaan. Ukuran tubuhnya pun juga cukup besar.

Pada wajah ikan tersebut, terdapat titik-titik gelap seperti dua mata. Bukan hanya itu, terdapat dua garis vertikal yang menyerupai sisi hidung pada wajahnya dan satu garis horizontal menyerupai mulut.


Penampakan wajah manusia pada objek sehari-hari.Penampakan wajah manusia pada objek sehari-hari. Foto: Twitter: FacesPics

"Ikan itu berubah menjadi peri," teriak seorang wanita dalam video yang tersebar dalam Twitter itu.

Kebanyakan warga justru ketakutan karena melihat ikan berwajah manusia itu. Bahkan tidak sedikit yang menyebutnya alien dan Voldemort, tokoh menyeramkan dalam film Harry Potter.

"Ini menyeramkan. Siapa yang berani memakannya?" tulis netizen.

Coraknya sangat mirip wajah manusia.Coraknya sangat mirip wajah manusia. Foto: Mirror

Namun, penampakan wajah manusia dalam benda atau makhluk lain itu kerap terjadi lho. Fenomena itu disebut pareidolia, yaitu fenomena psikologi ini membuat otak menginterpretasikan penampakan benda-benda dengan komposisi tertentu jadi terlihat seperti wajah manusia.

Salah satu penelitian menyebut bahwa perempuan dan kelompok religius lebih sering mengalami fenomena ini. Demikian juga orang-orang dengan mood yang cenderung negatif, juga lebih sering melihat penampakan wajah-wajah manusia.

Bukan hanya pada makhluk hidup selain manusia, fenomena pareidolia ini bisa muncul pada benda-benda di kehidupan sehari-hari, misalnya mobil, minuman, bahkan handuk yang digantung.

Pareidolia bisa muncul pada benda apa saja.Pareidolia bisa muncul pada benda apa saja. Foto: twitter @facesPics

Simak Video "Apa Benar Konsumsi Ikan Berlebihan Bisa Memicu Kanker?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
November 12, 2019 at 06:44PM
https://ift.tt/2pbP5Kd

Ikan Berwajah Manusia Muncul di Danau China, Fenomena Pareidolia? - detikHealth
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ikan Berwajah Manusia Muncul di Danau China, Fenomena Pareidolia? - detikHealth"

Post a Comment

Powered by Blogger.