Search

Bisnis Ikan di Aceh Singkil Kembali Menggeliat - Serambinews.com

SINGKIL - Bisnis ikan di Kabupaten Aceh Singkil sempat terpuruk ketika wabah virus corona (Covid-19) pertama kali mencuat. Sebab, pengiriman ikan ke Medan, Sumatera Utara sebagai pasar utama ikan asal Aceh Singkil terhenti karena distop. Kondisi itu menyebabkan harga ikan terjun bebas.

Praktis, sejak saat itu produksi ikan yang dihasilkan nelayan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal. Tentu saja permintaannya terbatas. Namun perlahan, bisnis ikan kembali mulai menggeliat. Hal ini terjadi setelah pasar utama ikan Aceh Singkil, yaitu Medan kembali menerima pasokan ikan.

"Toke ikan sudah kembali membeli. Tadinya sempat tutup karena Medan tak menerima," kata Mawardi, Camat Pulau Banyak Barat kepada Serambi, Minggu (19/4/2020). Hanya saja, beber Mawardi, untuk ikan kualitas ekspor harganya masih murah. Hal itu disebabkan ekspor ikan belum bisa dilakukan lantaran dunia sedang pandemi virus corona.

Sementara harga ikan untuk memenuhi kebutuhan lokal tetap stabil. Umpamanya ikan nawi (mangrove jack), harganya masih pada kisaran Rp 40 ribu per kilogram. "Kalau ikan ekspor, tadinya Rp 60 ribu per kilogram. Sekarang paling Rp 25 ribu sekilo," sebut Mawardi.

Ironisnya, di saat bisnis ikan mulai menggeliat kembali, tangkapan nelayan malah menurun. Kondisi itu disebabkan cuaca di laut sedang tidak bersahabat. "Kalau pergi ke laut pun hasilnya kurang, hanya cukup minyak saja. Belum lagi cuaca sedang tidak bagus," ucap Jon, nelayan asal Singkil.

Untuk diketahui, di Kabupaten Aceh Singkil, ada lima kecamatan yang masyarakatnya mengandalkan mata pencaharian mereka dari laut alias berprofesi sebagai nelayan. Masing-masing adalah Kecamatan Pulau Banyak Barat, Pulau Banyak, Kuala Baru, Singkil Utara, dan Kecamatan Singkil. Bahkan untuk Kecamatan Pulau Banyak Barat, Pulau Banyak dan Kuala Baru, mayoritas warganya menggantungkan hidup dari laut.(de)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
April 20, 2020 at 03:50PM
https://ift.tt/34MWG2m

Bisnis Ikan di Aceh Singkil Kembali Menggeliat - Serambinews.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bisnis Ikan di Aceh Singkil Kembali Menggeliat - Serambinews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.