Search

Di Ciamis, Ikan Gurame Langka di Pasaran - Harapan Rakyat

Di Ciamis, Ikan Gurame Langka di Pasaran
Di Ciamis, ikan gurame langka di pasaran. Foto:Ist/Net

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Dampak musim kemarau panjang yang terjadi tahun 2019 lalu, mengakibatkan ikan gurame untuk ukuran konsumsi menjadi langka. Pedagang ikan di wilayah Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, tidak mampu memenuhi permintaan  konsumen.     

Salah satu pedagang ikan Ade Nasa mengatakan, selama bulan puasa, permintaan ikan gurame untuk konsumsi tidak bisa terpenuhi. Kata dia, pasca kemarau panjang yang terjadi tahun lalu , khusus untuk ikan gurame ukuran konsumsi sulit didapat.

Para petani yang biasa menjual ikannya tidak memiliki ikan gurame yang besar (ukuran konsumsi).

“Permintaan konsumen ikan gurame kebanyakan minta diatas ukuran satu kilogram per-ekornya, karena langka di petani, permintaan konsumen saat ini tidak bisa dipenuhi,” ujar Ade Rabu (29/4/2020).

Menurutnya, setelah musim kemarau panjang,  hampir di setiap pedagang ikan di wilayah Kecamatan Kawali tidak menyediakan ikan gurame ukuran konsumsi.

“Sulitnya mendapatkan ikan gurame berukuran besar, selain disebabkan dampak musim kemarau, juga pertumbuhannya lambat, tidak secepat jenis ikan lainnya,” katanya.

Sementara itu, salah seorang konsumen ikan gurame Uen, mengatakan, akhir-akhir ini ikan gurame menjadi langka. Beberapa pedagang ikan yang di datanginya, tidak menyediakan ikan gurame berukuran untuk konsumsi.

Kata dia, semua pedagang ikan cukup beralasan ikan gurame tidak ada, dan malah menawarkan ikan lainnya.

“Tidak tahun secara pasti kenapa ikan gurame tidak ada, mungkin karena ikan gurame pembelinya kurang, sehingga pedagang ikan lebih mengutamakan menjual ikan jenis lain seperti mujaer atau ikan mas,” katanya. (Edji/R8/HR Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
April 30, 2020 at 10:16AM
https://ift.tt/2VMVpW7

Di Ciamis, Ikan Gurame Langka di Pasaran - Harapan Rakyat
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di Ciamis, Ikan Gurame Langka di Pasaran - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.