Search

Pasar Ikan di Denpasar Tak Terpengaruh Covid-19 - Cendana News

DENPASAR — Meski Covid19 tengah mewabah wilayah Pulau Bali, namun transaksi jual beli ikan di pasar besar Gunung Agung Denpasar masih terus berlangsung. Terlihat pedagang dan pembeli serta kuli sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. 

Salah seorang pedagang ikan di pasar besar Agung Denpasar, Muhammad Vidi menjelaskan, pihak pengelola pasar memang tetap memberikan toleransi terhadap para pedang ikan untuk tetap berjualan meski ditengah wabah Covid-19 ini. Akan tetapi, baik para pedagang maupun pembeli diwajibkan menggunakan masker untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus corona.

Muhammad Vidi salah seorang pedagang ikan di pasar besar Gunung Agung Denpasar, Senin (13/4/2020). -Foto: Sultan Anshori

Selain itu, pihak pengelola pasar juga menerapkan perubahan jam buka pasar, yang sebelumnya dibuka dari pukul 22.00 WITA hingga pagi, namun saat ini dirubah dari siang hingga maksimal pukul 21.00 WITA.

“Ya imbauan tersebut terus diberikan oleh petugas pasar. Tujuannya untuk meminimalisir penyerabaran virus Covid-19. Kami juga dianjurkan untuk tetap menjaga jarak serta diwajibkan mencuci pakai selepas dari pasar,” ujarnya saat ditemui Senin, (13/4/2020).

Pria asal Banyuwangi Jawa Timur ini juga menjelaskan, penjualan ikan miliknya juga mengalami penurunan, meski tidak signifikan. Artinya, kebutuhan ikan oleh masyarakat tetap ada meski tidak sebanyak hari-hari sebelumnya sebelum adanya wabah Covid-19. Dikatakan, ikan-ikan ini merupakan kiriman dari Pulau Jawa dan pengepul di wilayah Pulau Bali.

“Ikan ini kan masuk kebutuhan pokok mas, jadi tetap diperlukan oleh masyarakat. Ya meskipun tidak sebanyak dulu,” tegasnya seraya berharap, wabah ini bisa cepat berlalu agar kondisinya kembali seperti semula.

Pasar besar Gunung Agung Denpasar memang menjadi tempat untuk transaksi jual beli ikan dengan sistem partai. Ikan-ikan di pasar ini kebanyakan dipasok dari pulau Jawa. Ikan yang dijual merupakan ikan segar namun dengan harga tetap murah, sehingga tak jarang pasar ini menjadi incaran para tengkulak ikan untuk membeli kemudian untuk dijual lagi di beberapa pasar kecil di daerah Denpasar dan sekitarnya.

Nasrul, salah seorang tengkulak ikan mengakui, tetap membeli ikan meski di tengah wabah. Hal ini dikarenakan ikan tetap menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat.

“Intinya sih tetap harus menjaga kesehatan sesuai anjuran pemerintah mas. Pakai masker dan selalu mencuci tangan,” tegasnya.

Dikatakan, ikan yang sering dibeli di pasar besar Gunung Agung ini merupakan ikan konsumsi seperti ikan tongkol, layang dan jenis ikan kecil lainnya.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
April 13, 2020 at 01:15PM
https://ift.tt/2yOHvto

Pasar Ikan di Denpasar Tak Terpengaruh Covid-19 - Cendana News
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pasar Ikan di Denpasar Tak Terpengaruh Covid-19 - Cendana News"

Post a Comment

Powered by Blogger.