Search

Fenomena 'Ikan Kemudik': Banjir Surut, Warga Way Kanan Panen Ikan - Lampung77.com

Lampung77.com – Banjir yang terjadi akibat meluapnya air di Sungai Way Kanan, sepertinya membawa berkah tersendiri bagi warga Kampung Gunung Waras, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Pasca-banjir surut, banyak ikan di aliran sungai tersebut yang naik ke dataran tinggi. Warga sekitar pun panen dengan menjaring ikan-ikan tersebut.

Bagi warga sekitar, kejadian itu kerap disebut ‘Ikan Kemudik’. Fenomena ini terjadi nyaris setiap tahun setelah air banjir di Sungai Way Kanan tersebut surut.

Dari kabar yang beredar di warga setempat, belum ada penelitian atau penjelasan secara ilmiah terkait fenomena itu. Namun, mereka beranggapan bahwa peristiwa itu terjadi akibat ikan yang berada di muara-muara keluar karena banjir dan berbondong-bondong melawan arus sungai.

“Ibarat orang merantau, setelah dekat lebaran orang pada pulang mudik. Karena terjadi hampir setiap tahun, maka sering disebut ikan-ikan ini sebagai ‘ikan kemudik’, kata Dody Setiawan, warga setempat, kepada Lampung77.com, Minggu (5/4/2020).

Loading...

Menurut penuturan Dody, terjadinya ‘ikan kemudik’ ini kerap dijadikan warga Kampung Gunung Waras untuk melakukan kegiatan nangguk yang menjadi kebiasaan saban tahun.

Untuk diketahui, Nangguk adalah istilah yang disebut masyarakat setempat untuk mencari ikan dengan menggunakan alat tradisional.

“Ya, orang sini rata-rata nangguk kalau lagi musim begini,” kata Dody sembari mendayungkan tangguknya.

Menurutnya kegiatan tersebut sebenarnya hanya sebatas menyalurkan hobi. Selain itu, juga bersyukur atas rezeki yang Tuhan berikan. “Nah, kalau ini saya nyari cuma untuk lauk makan sehari-hari, tidak untuk sampai jualan,” ujarnya.

Baca Juga:
Berita Populer: Tarif Tol Terpeka, Laut Lampung Bercahaya, hingga Truk Tabrak Bus

Ikan di sungai Way Kanan tersebut sebetulnya cukup berlimpah dan tidak sulit untuk bisa menjadi mata pencaharian warga sekitar. Namun, mereka kerap mengeluhkan ulah oknum tak bertanggung jawab yang kerap merusak habitat ikan.

“kalau saja yang nyetrumin dan meracuni ikan di sungai atau dimuara ditangkap dan dipenjara sesuai aturan, pasti masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai akan sejahtera,” harapnya.

Lihat Juga:
Video Air Laut Berbusa di Pesisir Barat Lampung dan Matinya Binatang Laut

Berikut video warga Kampung Gunung Waras, Pakuan Ratu, yang tengah menangkap ikan di aliran Sungai Way Kanan, Minggu (5/4/2020):


 

(Riyanda Chaikal/Nef-L1)

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
April 05, 2020 at 06:28PM
https://ift.tt/2x2scwE

Fenomena 'Ikan Kemudik': Banjir Surut, Warga Way Kanan Panen Ikan - Lampung77.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Fenomena 'Ikan Kemudik': Banjir Surut, Warga Way Kanan Panen Ikan - Lampung77.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.