Search

Stok Ikan Kini 12,5 Juta Ton, Jokowi Minta Digenjot Lagi - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta stok ikan nasional terus ditingkatkan. Data terakhir, stok ikan nasional sudah meningkat drastis dari 6 juta ton menjadi 12,5 juta ton ketika Menteri Kelautan dan Perikanan masih dijabat Susi Pudjiastuti.

"Ini harus kita lanjutkan terus, tidak boleh berhenti sampai di situ. Industri dan stok perikanan nasional kita harus semakin meningkat dan berkembang sehingga kesejahteraan nelayan juga bisa semakin baik," ujar Jokowi dalam rapat terbatas membahas kebijakan kelautan Indonesia lewat video conference, Kamis, 19 Maret 2020.

Untuk itu, kata Jokowi, perlu ada lompatan-lompatan besar dalam menata ekosistem perikanan nasional mulai dari hulu sampai hilir. "Pertama, saya minta industri perkapalan terus diperkuat dan kapasitas dan daya saing industri perkapalan nasional juga terus ditingkatkan, sehingga mampu mendukung pergerakan industri perikanan kita," ujar Jokowi.

Kedua, Jokowi meminta kemudahan layanan perizinan terus ditingkatkan. "Saya dengar ini sudah cepat, tapi saya minta laporan dalam prakteknya di lapangan. Jangan sampai hanya diberikan izin-izin, tapi tidak diawasi di lapangan, sehingga dampaknya justru akan merugikan kepentingan nasional kita," ujar dia.

Ketiga, Jokowi meminta pengembangan sistem teknologi informasi terbaru dalam usaha perikanan tangkap terus dikembangkan. Tidak hanya menggunakan big data dan artificial intelligence, Jokowi meminta agar pelaku usaha sudah harus bisa masuk ke offshore aquaculture atau budi daya perikanan lepas pantai.

"Kebijakan kelautan harus benar-benar bisa mengantisipasi dan mengadaptasi perkembangan teknologi baru, sehingga bisa membuat industri perikanan kita makin produktif dan kompetitif," ujar Jokowi.

DEWI NURITA

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
March 19, 2020 at 01:35PM
https://ift.tt/2WrxvQA

Stok Ikan Kini 12,5 Juta Ton, Jokowi Minta Digenjot Lagi - Tempo
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Stok Ikan Kini 12,5 Juta Ton, Jokowi Minta Digenjot Lagi - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.