Search

Kisah Warga Wonogiri Bantu Perantau di DKI Jakarta: dari Kirim Beras, Ikan Asin, hingga Sambel Pecel - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com -  Pandemi virus corona tidak hanya berisi kisah pilu tentang mereka yang sakit dan menjadi korban covid-19. Ada pula kisah-kisah tentang mereka yang mencoba berjuang dan mengatasi keadaan bersama-sama.

Salah satunya adalah aksi mengirimkan beras dan makanan yang dilakukan oleh warga Dusun Krapyak, Desa Bulurejo, Kecamatan Nguntoronadi, Kebupaten Wonogiri kepada sanak saudaranya yang merantau di daerah Jabodetabek.

Hal tersebut dilakukan dengan harapan, agar mereka yang merantau bisa menunda dulu kepulangannya ke kampung halaman dan tetap bertahan di perantauan demi mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

Berkat aksi tersebut, terkumpul beras sejumlah 1,6 ton yang telah dibagikan kepada para perantau yang tinggal di Jabodetabek.

Baca juga: Korban Meninggal karena Virus Corona di Seluruh Dunia Lewati 100.000 Orang

Kekhawatiran orangtua

Ide pengiriman beras kepada para perantau tersebut diinisiasi oleh Widi Prastowo (56) yang juga merupakan relawan dari Desa Bulurejo.

"Awal mulanya, ide didapat dari ibu-ibu petani. Mereka berkeluh kesah, bocahku mangane opo neng kono?  (anakku makan apa kalau di sana?)," kata Widi kepada Kompas.com , Jumat (10/4/2020)

Widi menilai hal ini bukan semata persoalan perut, namun wujud keprihatinan dan kekhawatiran orangtua kepada anaknya yang tinggal di perantauan.

Dia kemudian mengusulkan untuk mengirim beras dan logistik kepada para perantau. Menurutnya, hal tersebut juga bisa menjadi langkah persuasif agar pemudik mau menunda kepulangannya.

Usulan tersebut kemudian ia sampaikan kepada warga Dusun Krapyak sembari mengajak warga dusun untuk bergerak cepat agar tidak kalah dengan corona yang sudah lebih dahulu menyebar.

Baca juga: Nova Arianto Lelang 4 Koleksi Berharga untuk Perangi Virus Corona

Ada yang menitipkan sambel pecel

Selain berhasil mengumpulkan beras sekitar 1.6 ton, Widi mengatakan ada pula beberapa orangtua yang menitipkan makanan kesukaan anaknya.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
April 11, 2020 at 06:00PM
https://ift.tt/2V15Ch7

Kisah Warga Wonogiri Bantu Perantau di DKI Jakarta: dari Kirim Beras, Ikan Asin, hingga Sambel Pecel - Kompas.com - KOMPAS.com
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kisah Warga Wonogiri Bantu Perantau di DKI Jakarta: dari Kirim Beras, Ikan Asin, hingga Sambel Pecel - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.